Pelabuhan Pasar Beringin

CameraZOOM-20130404164536327
Pelabuhan Pasar Beringin merupakan sebuah pelabuhan yang terletak diKota Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Provinsi Kalimantan Tengah. Pelabuhan ini menjadi tumpuan utama perekonomian dan transportasi masyarakat diwilayah Barito Selatan yang ada disekitar Daerah Aliran Sungai (DAS) Barito diantaranya, Desa Baru, Desa Bintang Kurung, Desa Tampijak, Desa Talio, Desa Sampudau, Desa Babai, Desa Mengkatip dan sebagainya yang ada dikawasan Kecamatan Karau Kuala, Dusun Selatan, sampai Kecamatan Dusun Utara.
Sebagai media transportasi air yang sering singgah adalah kapal-kalal motor yang dimiliki penduduk setempat seperti K.M. Marpuat yang saya ketahui, selain itu juga banyak Speedboat-speedboat yang digunakan juga sebagai transportasi komersial. Ada juga Klotok (Perahu Bermotor dengan bahan Bakar Bensin/solar), dan jukung. Ada juga kapal Tongkang sebagai media pengangkutan Batubara yang dimiliki oleh perusahaan-perusaan pengeruk perut bumi.
Selain sebagai media transportasi pelabuhan ini juga menjadi media tumpuan perekonomian. Banyak kapal-kapal barang yang membongkar dan memuat dengan barang-barang dagangan agar bisa diedarkan didesa-desa yang dilalui, mengingat kebanyakan pasar yang ada disekitar sungai Barito masih menggunakan pasar mingguan yaitu, pasar yang ada pada waktu sehari tertentu dan aka nada pada minggu berikutnya pada hari yang sama pula.
Di Pelabuhan Pasar Beringin ini juga terdapat Pasar Saik (Sayur Ikan). Para pedagangnya merupakan warga sekitar atau orang-orang dari desa yang membawa dagangan berupa hasil bumi dan ikan-ikan besar hasil tangkapan disungai Barito. Ikan-ikan yang dijual disini dijamin kualitas dan kesegarannya karena hasil tangkapan langsung (Fresh from nature) dan memiliki harga yang relative “murah”.
Disamping sebagai media persinggahan transportasi air dan ekonomi, pelabuhan ini juga bisa menjadi tempat maunjun (Bahasa sekitar untuk memancing) dan sejenak bersantai menikmati pemandangan kapal-kapal lewat dan arus sungai Barito. Karena, sudah disediakan tempat duduk diatas lanting (sebuah tempat yang mengapung diatas sungai) tempat santainya.
Demikian postingan saya kali ini mengenai tempat santai dikawasan Buntok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s