Jelajah Samudra

image

Laut. Tahukah teman-teman, apa itu laut? Rupanya laut memiliki sebutan yang berbeda-beda lho, tergantung pada kondisinya. Ada yang disebut samudra, selat, teluk, dan palung. Menurut buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI),
      Samudra adalah kumpulan laut atau laut yang sangat luas.
      Laut adalah kumpulan air asin yang membagi daratan.
      Selat adalah laut yang sempit, berada di antara pulau-pulau.
      Teluk adalah bagian laut yang menjorok ke darat.
      Palung Laut adalah bagian dasar laut yang terdalam, bentuknya seperti jurang yang memanjang dengan tebing yang terjal. Baca lebih lanjut

Samudra di dunia

      Teman-teman, ilmu yang mempelajari tentang samudra disebut oseanografi (oceanography). Peneliti atau ilmuwan yang mempelajari tentang samudra disebut oseanografer (Oceanographer). Sebagian besar peneliti tersebut melakukan penelitian dengan tinggal berbulan-bulan di atas kapal yang menjelajahi samudra.
Sebenarnya di dunia ini hanya ada satu samudra yang sangat luas. Kemudian, samudra itu terbagi menjadi samudra dan laut yang saling terhubung. Saat ini tercatat ada empat samudra di dunia, yaitu :
Samudra Pasifik
Samudra Atlantik
Samudra Hindia
Samudra Artik

Laut di dunia

      Laut adalah cabang dari samudra. Artinya Samudra dibagi menjadi beberapa laut. Biasanya laut berhubungan dengan daratan yang mengelilinginya. Sebagai contoh, Samudra Hindia dibagi menjadi beberapa laut, yaitu Laut China Selatan, Laut Arab, Laut Indonesia, dan sebagainya.
      Laut yang paling luas adalah Laut China Selatan, Laut Karibia, dan Laut Mediterania. Sedangkan pulau yang paling luas adalah Greenland di Samudra Atlantik, Papua di Samudra Pasifik, Kalimantan di Samudra Pasifik, dan Madagaskar di Samudra Hindia.

Seberapa Jauh Cahaya Matahari Dapat Menembus Dalamnya Laut?

      Mekipun sinar matahari sangat kuat, cahayanya hanya bisa menembus laut sedalam kurang dari 100 meter. Meskipun, air laut itu bening dan tidak berwarna, tetapi hanya sedikit cahaya yang bisa menembus sampai kedalaman 80 meter.
      Jika air laut dipenuhi oleh ganggang laut atau tumbuhan laut lainnya, maka cahaya matahari hanya mampu menembus sampai kedalaman 50 meter saja.

Mengapa Samudra atau Laut Berwarna Biru?

      Teman-teman tentu bertanya-tanya mengapa laut berwarna biru, padahal air laut tidak berwarna. Belum banyak orang yang tahu pasti mengapa laut berwarna biru, termasuk para ilmuwan.
      Ada banyak teori yang menjelaskan mengapa laut berwarna biru. Salah satunya mengatakan bahwa ketika cahaya menembus air laut, sebagian dari cahaya itu diserap air laut dan sebagian lagi dipantulkan. Cahaya terdiri atas berbagai warna yang sering tampak pada pelangi. Nah, air laut tidak menyerap warna biru sehingga warna biru dipantulkan keluar lagi. Jadi air laut seolah-olah tampak berwarna biru. Para ilmuwan percaya bahwa ada materi di dalam air yang menyebabkan terjadinya peristiwa pemantulan warna biru ini. Namun, belum diketahui materi apa yang ada didalam laut itu.

Mengapa Laut Berombak?

      Sebenarnya yang menyebabkan laut berombak adalah angin. Semakin panjang jarak angin bertiup, semakin kuat dan besar ombak yang ditimbulkan. Bersamaan dengan bertiupnya angin laut, air laut jadi ikut terbawa oleh angin, terjadilah ombak.
      Karena permukaan air laut tidak dapat bergerak seperti debu, maka air bergerak naik dan menjadi ombak yang naik. Gravitasi akan menarik kembali ombak itu hingga menimbulkan suara debur ombak. Nah, deburan ombak itu akan menghasilkan ombak yang baru, begitu seterusnya.

Mengapa Air Laut Asin?

      Air laut terasa asin karena mengandung garam. Air yang mengalir dari sungai-sungai membawa kandungan garam dan terkumpul di laut. Proses itu terjadi terus-menerus selama berjuta-juta tahun. Faktor lain yang menyebabkan air laut atau samudra mempunyai kandungan garam yang tinggi adalah sengatan cahaya matahari. Kandungannya kurang lebih satu gelas garam setiap satu galon air. Wah, pasti asin sekali ya.

Di Manakah Titik Laut Yang Paling Dalam?

      Titik laut paling dalam terletak di dekat Pulau Mariana di Samudra Pasifik. Palung Mariana dalamnya mencapai lebih dari 11 ribu meter. Wah dalam sekali! Bayangkan, gunung tertinggi di dunia Mount Everest saja hanya mencapai ketinggian 8.850 meter. Berikut urutan palung terdalam di dunia.
      Palung Laut Mariana di Samudra Pasifik dengan kedalaman 11.033 meter
Palung Laut Puerto Rico di Samudra Atlantik dengan kedalaman 8.648 meter
Palung Laut di Selatan Jawa di Samudra Hindia dengan kedalaman 7.725 meter

       Laut Adalah Sumber Bahan Makanan Yang Luar Biasa.

      Tahukah teman-teman jika permukaan bumi ini 75% di antaranya adalah air laut? Sebanyak 80% ikan yang kita makan sehari-hari berasal dari laut, 20% sisanya dari perairan air tawar. Meskipun begitu, hewan dan tumbuhan yang ada di darat tidak bisa hidup di dalam air laut yang asin.
      Laut memang kaya akan hewan dan tumbuhan yang bisa kita makan. Ya, karena itulah kita harus memelihara kelestariannya. Penangkapan ikan dengan cara yang salah dan berlebihan akan menghancurkan sumber daya laut. Kalau itu terjadi, wah … kita akan kesusahan dalam mencari sumber makanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s