Kapal Selam

wpid-turtle300.jpg
1. Sejarah Kapal Selam

      Sekitar tahun 1578, William Bource, seorang ahli matematika dari inggris, merancang sebuah bentuk kapal selam. Kapal ini berukuran kecil dan tertutup rapat. Bahannya terbuat dari kayu yang dilapisi sejenis kulit dan tidak tembus air. Wah, siapa sangka dengan bahan sederhana itu bisa dibuat kapal selam.
      Pada tahun 1620, Cornelius van Drebbel dari Belanda dianggap sebagai orang pertama yang membuat kapal selam dan berhasil meluncurkannya. Sebenarnya konsep kerangka kapal selam ini masih sama dengan buatan Willian Bource. Kapal selam Cornellius masih menggunakan kayu dan bagian luarnya menggunakan kulit berlapis cat minyak berpelumas agar tahan air. Kapal selam ini juga cukup untuk satu orang saja.
      Kelebihannya, kapal selam ini sudah dilengkapi pedal yang dapat menggerakkan baling-baling. Baling-baling ini dapat membuat kapal bergerak maju, menyelam kedasar laut, lalu naik lagi kembali kepermukaan.
Pada tahun 1727, beberapa kapal selam bermunculan. Sala satu kapal selam yang popular bernama Turtle. Si penyu ini sempat membantu perang kemerdekaan Amerika.

2. Perkembangan Mesin Kapal Selam

      Mesin yang digunakan kapal selam adalah mesin bertenaga nuklir. Untuk kapal selam modern, dindingnya sudah tidak terbuat dari kayu lagi. Dinding itu sudah mempunyai dua lapisan yang tengahnya diisi tangki pemberat. Tangki ini akan dipenuhi air jika kapal selam akan turun ke dasar laut. Kalau kapal akan naik, air di tangki pemberat akan segera dikosongkan.

image

      Lambung kapal dirancang khusus agar kuat menahan tekanan air laut. Untuk melihat keluar, para awak kapal selam tidak perlu berenang keluar kapal. Mereka bisa mengintip lewat periskop. Periskop berbentuk pipa panjang yang bisa dijulurkan keatas permukaan laut dan di masukkan kembali jika kapal sedang menyelam. Di kedua ujung pipa periskop dipasang cermin siku. Cermin siku yang ada di atas pipa akan memantulkan bayangan pada cermin di bagian bawah. Dengan cara inilah kita bisa melihat pemandangan laut.

3. Manfaat Kapal Selam

      Kapal selam sangat berguna untuk melakukan penyelidikan di bawah laut. Untuk menjelajahi laut, kita bisa menggunakan kapal selam yang berukuran mini. Kita nisa meneliti kehidupan dan keadaan di bawah laut serta mempelajari ilmu biologi laut hanya dari dalam kapal selam. Untuk mengebor minyak bawah laut dan sekedar bertamasya dibawah laut pun bisa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s