Laksamana Cheng Ho (Sang Pelaut Pemberani)

wpid-thumb6852152345.jpg
      Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang Laksamana hebat penakluk berbagai lautan, dialah Laksamana Cheng Ho. Saya akan menceritakan secara garis besar perjalanan beliau.
Laksamana Cheng Holahir tahun 1371. Ia adalah seorang muslim keturunan Tionghoa yang berasal dari Yunnan di Asia Barat Daya.
      Pada saat Kaisar Cheung Tsu berkuasa di Cina, Cheng Ho diangkat menjadi panglima utama armada laut cina. Tentu saja hal itu di karenakan kekuatan fisik, kebaikan hati, dan ketaqwaan agama beliau yang sangat hebat.
      Tahun 1405-1407, Cheng Ho mulai melakukan pelayaran untuk berdagang dengan membawa para pejabat Kerajaan Cina Dinasti Ming. Setelah berhasil mengalahkan bajak laut, mereka mendarat di Selat Malaka, Sumatera, Sri Lanka, dan India dan mengangkut para duta besar dari Negara-negara itu untuk berkunjung ke Cina.
      Tahun 1407-1409, Cheng Ho memulangkan para duta besar asing dari Sumatera, Sri Lanka, India, dan Negara lain yang ikut bepergian ke Cina. Dari sinilah tercipta hubungan dagang Kerajaan Cina Dinasti Ming di Samudra Hindia.
Tahun 1409-1411, ia melakukan pelayaran berikutnya dan member hadiah ke kuil-kuil Buddha sebagai rasa toleransi beragama.
      Tahun 1413-1415, Cheng Ho mendarat di wilayah Arab melalui India. Semua Negara di wilayah ini memberikan hadiah kepada Kerajaan Cina Dinasti Ming sebagai Negara yang berpengaruh di dunia.
wpid-6a00d83452514369e200e54f508c068834-640wi.jpg
      Tahun 1417-1419, Cheng Ho berlayar menggunakan armada harta. Kapal yang sangat besar, bahkan besarnya sepuluh kali lipat dari kapal Vasco Da Gama, pelaut terkenal di dunia. Panjang kapal itu mencapai 122 meter, lebar 52 meter, dengan 9 tiang layar. Ia mengarungi Semenanjung Arab dan Afrika. Ia mendapat hadiah Zebra, Singa, dan Burung Unta dari kaisar di Aden.
      Tahun 1421-1422, Cheng Ho membawa para pejabat Ming melakukan hubungan dagang dengan Negara-negara di Arab dan Afrika.
      Tahun 1431-1433 adalah pelayaran terakhir yang dilakukan Cheng Ho, yaitu ke Pantai Swahili Afrika dan Mekah. Sebab saat perjalan pulang, ia meninggal dunia.
Laksamana Cheng Ho juga dikenal dengan nama Zheng He, Sam Po Kong, Sam Po Toa Lang, Sam Po Thay Jien, Sam Po Thay Kam, dan lain-lain. Ia adalah pelaut besar dalam sejarah pelayaran dunia untuk perdagangan, persahabatan antarnegara, sekaligus menyebarkan agama Islam. Selain itu, selama 28 Tahun Perjalanannya dalam mengarungi laut telah tercipta 24 peta navigasi tentang geografi lautan.
wpid-untitled4psd2ym.jpg
      Demikian postingan kali ini, jangan lupa kasih tanda ya teman-teman.

One thought on “Laksamana Cheng Ho (Sang Pelaut Pemberani)

  1. Ping-balik: Misteri Segitiga Bermuda | jajarmartono

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s