26 Juli 1908, Hari Kelahiran FBI

image

Ruang lingkup kerja mereka meliputi di dalam negeri, tapi juga mempunyai kantor perwakilan di luar negeri.

105 tahun lalu, tepatnya pada 26 Juli 1908, Federal Bureau of Investigation (FBI) lahir di Amerika Serikat. FBI bersama Drugs Enforcement Administration (DEA) adalah sebuah biro investigasi di bawah Departemen Kehakiman AS.

Ruang lingkup kerja mereka meliputi di dalam negeri. Ia akan menjalankan fungsi pengamanan, intelejen, dan penegakan hukum federal di dalam negeri AS. Di antara pekerjaan utamanya adalah mencegah timbulnya ancaman di dalam negeri, memproteksi ancaman teroris, dan proteksi dari ancaman intelejen asing di dalam negeri AS.

FBI akan membantu polisi lokal dalam menghadapi kasus besar, kasus kriminal antarnegara bagian, dan kasus penculikan. Dalam menjalankan tugasnya, agen-agen FBI bisa tampil langsung terang-terangan di depan publik. Walapun ruang lingkupnya di dalam negeri, FBI juga memiliki kantor perwakilan di luar negeri untuk mengolek informasi yang berkaitan dengan keamanan dalam negeri AS.

CIA dan FBI juga melakukan kerja sama, misalnya ada ancaman teroris dari luar negeri yang masuk ke dalam negeri AS, maka CIA harus memberikan informasi dan melimpahkan wewenangnya pada FBI untuk menangani kasus tersebut. Sebaliknya, jika CIA membutuhkan informasi tetang seseorang di dalam negeri, FBI harus memberikannya.

Beda CIA dan FBI
CIA dan FBI merupakan bagian dari 16 elemen komunitas intelejen AS di bawah Director of National Intelligence (DNI). Jika dilihat sepintas keduanya mirip, tapi sebenarnya dua lembaga ini amat berbeda.

Perbedaan paling mencolok adalah tempat bernaung dan lokasi kerja. CIA, walaupun di bawah DNI, sesungguhnya adalah lembaga intelejen mandiri. Ia tidak bernaung pada departemen tertentu. Sebelum berada di bawah DNI, CIA berada langsung di bawah Presiden dan memiliki kedekatan khusus dengannya.

Sebagai agen intelejen nasional, ruang lingkup kerja CIA adalah internasioal. Agen-agennya disebar ke seluruh dunia untuk mengolek data dan dikirim ke kantor pusat di Virginia. Untuk hal pekerjaan, mereka bekerja secara klandestin (tidak terang-terangan).
(Zika Zakiya. Sumber: History Channel, Majalah Angkasa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s