Kota dari Keju

image

      Proyek kota dari Atelier Food ini, memakai bawang Bombay, buah bit, dan keju sebagai bahan pembuat gedung pencakar langit dan ornamen jalan. Pembuatan proyek ini ditujukan untuk mengekplorasi sudut pandang masyarakat terhadap bahan makanan sehari-hari.

Atelier food adalah laboratorium makanan terbaru di Swedia yang didedikasikan untuk mengekplorasikan masa depan makanan. Merupakan satu tim yang terdiri dari seniman, designer, ilmuwan, pengembang bisnis, dan chef.
Salah satu proyek untuk mempromosikan karya mereka digagas oleh Direktur Seni, Peter Johansson. Ia mengeluarkan karya bertema hubungan antara makanan dan masyarakat dengan wujud sebuah replica kota yang terbuat dari makanan.
Replika kota ini menampilkan perpaduan berbagai warna makanan yang menarik. Mulai dari potongan bawang merah, buah apel, bit, kubis dan keju. Beberapa potongan keju yang memanjang dibuat menyerupai gedung pencakar langit dan bit untuk jalan.

Creative director Jan Aman mengatakan ide untuk membuat Atelier food ini datang setelah mengadakan pertemuan dengan chef Ferran Adria, pendiri restoran eksperimental El Bulli.
“Setelah saya mengundang Chef Ferran untuk melakukan seminar dan diskusi di Moderna Musset, Stockholm, pemerintah Swedia menyadari bahwa ada kemungkinan untuk melihat makanan sebagai alat inovasi dan perubahan sosial,” kata Aman.

Atelier Food dipersiapkan dalam bentuk restoran dengan tambahan program seperti workshop dan laboratorium makanan. Salah satu proyek mereka adalah ReThinking Public Food, proses laboratorium jangka panjanguntuk membuat makanan biaya rendah.       Menggunakan latar restoran, mereka bisa mencoba beberapa ide makanan dengan penyajian menu baru perhari. Selanjutnya, mereka berencana memperlihatkan hasil-hasil proyek mereka di World Fair Milan 2015 mendatang.
Sumber:  KaltengPos, Edisi Selasa, 26 Maret 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s