Cara Optimalkan Memori Otak

otakCALIFORNIA – Setiap harinya tentu terdapat banyak hal yang harus Anda ingat. Tetapi, penyimpanan memori dalam otak memiliki keterbatasan. Sehingga, sesekali otak pun perlu disegarkan.

Ya, ibarat hardisk komputer yang menampung ratusan bahkan ribuan memori, otak pun membutuhkan penyegaran agar sistem kerjanya menjadi lebih maksimal. Ada banyak cara untuk melatih otak agar lebih tajam dalam mengingat hal-hal penting.

Berikut ada lima langkah untuk mengoptimalkan penyimpanan memori dalam otak dikutip Okezone dari Discovery, Senin (6/8/2013):

1.    Boleh konsumsi alkohol, asal…
Mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih tidak hanya dapat menurunkan fungsi otak, tetapi juga memiliki efek negatif pada sel-sel otak yang berhubungan dengan memori. Tetapi selama Anda mampu mengontrol kadar alkohol dalam jumlah yang moderat (wajar), maka dapat meningkatkan memori dan kognisi (kecerdasan).

Meskipun diperlukan penelitian lebih lanjut, tetapi beberapa studi telah menemukan bahwa peminum moderat dapat menyelesaikan tes memori lebih baik dibandingkan peminum berat ataupun bukan peminum.

2.    Segera atasi emosi dalam diri
Segala sesuatu yang mampu menyebabkan stress dalam hidup, termasuk kecemasan atau kemarahan, pada akhirnya akan menggerogoti bagian otak yang bertanggung jawab untuk memori. Sebab bila Anda sedang dikuasai rasa sedih secara berlebih, maka Anda akan sulit berkonsentrasi. Di mana, sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengalami depresi, mengalami kerugian 12-15 persen di hippocampus. Hal ini dikarenakan hippocampus merupakan pusat kliring untuk memori jangka pandek, sehingga menyulitkan otak untuk mengingat sesuatu yang baru. Terlebih, otak manusia sangat selektif dalam mengingat sesuatu.

3.    Olahraga
Anda perlu menggerakkan seluruh anggota tubuh Anda. Sebab latihan ringan tidak hanya ditujukan kepada tubuh saja, tetapi otak juga. Hal ini juga didukung oleh sebuah studi yang menunjukkan bahwa semakin aktif fisik seseorang, maka semakin besar juga kinerja kognitifnya.

4.    Visualisasi
Anda dapat menggunakan visualisasi untuk mengingat hal-hal tertentu. Sebab, otak manusia pada dasarnya lebih mudah menangkap dan menyukai segala sesuatu yang bergambar dan berwarna.

5.    Permainan nama

Ketika Anda bertemu dengan orang baru, perhatikanlah nama dan wajah orang tersebut. Selipkan nama orang tersebut di sela-sela pembicaraan dengannya. Hal ini dikarenakan, para peneliti telah menemukaan bahwa orang yang memiliki kesempatan 30 persen lebih baik dalam mengingat nama ketika mereka mengulanginya segera setelah mereka pertama mendengar.

3 thoughts on “Cara Optimalkan Memori Otak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s